Tips Sebelum Membeli Mesin las Listrik

Mesin las listrik tidak hanya digunakan untuk keperluan teknik dan bengkel, namun juga sering dipakai oleh para konstraktor bangunan dalam menyelesaikan rangka besi yang perlu disambung menggunakan mesin las listrik. Bisa juga untuk kebutuhan rumah seperti menyambung lemari kantor yang patah yang terbuat dari besi. Ada baiknya jika anda ingin membeli mesin las listrik, perhatikan tips dibawah ini agar dapat menemukan mesin las dengan tipe yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah untuk keperluan industri, teknik elektro dan lainnya.

Tips Sebelum Membeli Mesin las Listrik

Ketahui Jenis-Jenis Mesin Las Listrik
Mesin las listrik adalah mesin penyambung logam dengan bantuan energi listrik dan memiliki beberapa jensi, ada yang inverter, portable hingga kuran besar. Dengan mengetahui jenis mesin las listrik ini, Anda juga dapat menyesuaikan jenis mesin las listrik dengan kebutuhan. Selain itu, jenis mesin las listrik dibedakan menurut arus listrik yang digunakan antara lain mesin las AC atau arus bolak balik seperti listrik PLN atau generator AC, mesin las DC atau arus listrik paralel dan mesin las AC DC yang memiliki memiliki transformator 1 frasa dan 1 buah alat perata pada 1 unit mesin.

Perhatikan Budget yang Dimiliki
Ada harga tentu ada kualitas. Ketahui terlebih dahulu rentang harga mesin las listrik di pasaran sehingga Anda tidak terkecoh dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Biasanya harga mesin las listrik minimal adalah satu juta rupiah keatas. Jika harga mesin las di bawah satu juta, kemungkinan besar kualitas mesin lasnya kurang bagus atau mungkin tidak terdapat garansi produk. Pastikan juga mesin trafo yang digunakan bukan merupakan produk bekas.

Sesuaikan dengan Durasi Pemakaian
Durasi pemakaian akan mempengaruhi kapasitas mesin las listrik yang akan digunakan. Jika Anda hanya ingin menggunakan mesin las listrik dalam waktu singkat misalnya 2 hingga 4 jam saja, anda bisa menggunakan mesin las dengan kapasitas daya 900 watt. Namun jika akan menggunakan untuk pemakaian sehari-hari dan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya gunakan mesin las listrik dengan kapasitas 1500 watt keatas agar lebih tahan digunakan berjam-jam.

Terdapat Fitur Bisa Disambungkan Dengan Genset
 Ada kalanya listik PLN padam atau mati tiba-tiba sehingga Anda tidak bisa melanjutkan pekerjaan pengelasan menggunakan mesin las listrik karena mesin las ini hanya bisa menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Oleh karena itu, pilih mesin las listrik dengan fitur mesin yang dapat disambungkan dengan mesin genset sehingga Anda tetap dapat melanjutkan pekerjaan mengelas. Namun tentu saja tidak semua mesin las listrik menunjang fasilitas pengaplikasian mesin genset ini. Biasanya hanya mesin las dengan daya 1500 watt keatas yang menunjang aplikasi penghubung dengan genset.

Dengan adanya beragam jenis mesin las listrik, kini Anda dapat dengan mudah membeli produk ini di toko online yang menjual beragam alat teknik dan pertukangan. Berbagai produk mesin las mulai dari SMAW, GMAW, GAW dan lainnya dijual di tok online KRISBOW. Temukan jenis mesin las listrik yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau.
Tips Sebelum Membeli Mesin las Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fagundes