7 Cara Meningkatkan Keberhasilan Proses Bayi Tabung

Program bayi tabung merupakan salah satu solusi yang direkomendasikan untuk pasangan yang memiliki masalah kesuburan. Mengingat proses bayi tabung membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan keberhasilannya. Nah berikut merupakan beberapa cara meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.
7 Cara Meningkatkan Keberhasilan Proses Bayi Tabung


1. Menanamkan Lebih dari Satu Embrio
Menurut beberapa penelitian, menanamkan dua embrio selama proses bayi tabung dirasa lebih baik dibandingkan dengan satu embrio. Hal ini bertujuan demi meningkatkan kelahiran hidup dan peluang kehamilan bagi wanita yang lebih tua. Pasalnya, usia wanita merupakan faktor terpenting untuk meningkatkan kelahiran hidup selama program bayi tabung.

2. Mengonsumsi Vitamin D
Ternyata wanita yang kekurangan vitamin D akan lebih sulit hamil meskipun melalui program bayi tabung. Untuk itu, bagi wanita yang akan melakukan program bayi tabung sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan vitamin D. Vitamin D sendiri dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan tuna dan salmon.

3. Jaga Berat Badan dan Jalani Gaya Hidup Sehat
Menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga berat badan ternyata dapat meningkatkan kesehatan Anda dan janin. Dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein, gandum, buah, dan sayur dirasa sudah cukup untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan Anda dan janin secara maksimal.
4. Hindari Pengobatan Alternatif dan Obat Herbal
Sebuah studi menyatakan, bahwa seorang wanita yang sedang menjalani program IVF atau bayi tabung tidak dianjurkan untuk melakukan pengobatan alternatif ataupun mengonsumsi obat herbal. Hal ini disebabkan karena ada sebagian ramuan herbal yang mengandung merkuri yang sangat berbahaya ketika dikonsumsi selama masa kehamilan.

5. Melakukan Akupunktur
Menurut seorang endokribalogis menyatakan, bahwa akupunktur ternyata dapat memperbaiki aliran darah dari rahim menuju ovarium. Menurut penelitian tersebut, seorang wanita yang melakukan akupunktur di hari transfer embrio dapat meningkatkan keberhasilan kehamilan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda melakukan cara ini jika dokter mengizinkan.

6. Mengelola Stres
Ternyata stres sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan seseorang. Meskipun hal ini bukan merupakan satu-satunya penyebab langsung, namun stres dapat berkontribusi dengan kesuburan. Meskipun hal ini masih menjadi pro dan kontra, ada baiknya Anda menjaga emosi Anda demi menjaga menambah keberhasilan program bayi tabung yang sedang dilakukan.

7. Mengonsumsi Suplemen DHEA
Sebuah penelitian menyatakan, bahwa seorang wanita yang mengonsumsi suplemen DHEA berpeluang tiga kali lebih besar untuk hamil. Suplemen yang satu ini mampu meningkatkan kadar hormon dalam tubuh. Meskipun banyak dokter yang belum percaya, namun tak ada salahnya Anda memberikan ekstra hormon dengan mengonsumsi suplemen DHEA.

Nah itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keberhasilan selama proses bayi tabung. Pastikan Anda melakukan tips di atas agar program bayi tabung Anda berjalan sukses. Meskipun begitu, hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti saran dokter. Pasalnya, dokter Anda tentunya akan memberikan perawatan yang terbaik.
7 Cara Meningkatkan Keberhasilan Proses Bayi Tabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fagundes