Nikmati Indahnya Musim Dingin Jepang di Nagano

Kekayaan alam dan budaya Jepang memang tak terbantahkan. Jika sebelumnya Anda telah merasakan syahdunya piknik sambil menikmati indahnya bunga sakura mekar di musim semi dan bermain di antara pohon Ginko yang menguning di musim gugur, maka kami akan mengajak Anda menikmati suasana berbeda di musim dingin.

Pada musim yang satu ini biasanya jumlah turis yang berkunjung cenderung berkurang, harga akomodasi pun bisa lebih bersahabat. Di sisi lain musim dingin di Negeri Sakura ini bakal memberi Anda pengalaman tak terlupakan. Perasaan penasaran yang terpuaskan ketika salju menyentuh kulit, berjalan-jalan melihat tumpukan salju, serta mandi di kolam air panas bersama monyet-monyet salju bermuka merah.

Perlu kekuatan dan persiapan lebih untuk bisa menikmati musim dingin di Jepang, apalagi mengingat kondisinya bisa sangat dingin. Anda sebaiknya membawa cukup banyak baju hangat, jaket yang anti air, obat-obatan pribadi serta vitamin untuk menjaga kebugaran. Ada baiknya juga bila Anda mengeluarkan budget lebih untuk memesan penerbangan yang kursinya nyaman sekaligus memberikan privasi, seperti kelas bisnis di Japan Airlines . Maskapai satu ini juga memiliki jalur penerbangan nonstop langsung ke Nagano, daerah tujuan Anda.

Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan di Jepang musim dingin:

Nikmati Indahnya Musim Dingin Jepang di Nagano

1. Nikmati mandi air panas di Shibu Onsen
Ketika suasana musim dingin semakin membeku, hangatkan tubuh Anda dengan berendam air panas di Shibu Onsen. Tempat ini merupakan pemandian air panas terkenal di Kota Yamanouchi yang memiliki sejarah sepanjang 1.300 tahun.

Perjalan menuju ke onsen ini bakal membuat Anda terasa berada di zaman Jepang kuno, dengan jalur-jalur batunya dikelilingi oleh Ryokan (penginapan tradisional) dan para tamu yang berjalan-jalan di sekitar kota dengan mengenakan yukata.

Oh ya, saat berada di Shibu Onsen, Anda juga bisa menemukan Kanaguya Inn yang dikenal sebagai salah satu penginapan paling tua se-Jepang. Jaraknya hanya sekitar 2 menit dengan berjalan kaki. Anda akan mudah mengenali penginapan tersebut karena desainnya yang klasik, terbuat dari kayu dan tampak bersusun menjadi beberapa tingkatan.

2. Jelajahi Jepang masa lampau di Kiso Valley
Nagano memang bisa mengabulkan keinginan Anda untuk merasakan budaya dan suasana Jepang masa lampau!

Setelah puas dengan mandi air panas, berjalankan ke sekitar Kiso Valley. Lokasi ini bisa dibilang merupakan salah satu tujuan wisata paling dicari di Nagano. Lokasinya di bagian barat daya prefektur dan membentang di sepanjang pegunungan.

Di sekitar lokasi ini Anda akan disapa oleh kota-kota kecil untuk persinggahan yang merupakan bagian dari Nakasendo, rute perdagangan bersejarah penghubung Kyoto dan Tokyo. Anda juga bisa mengunjungi kota-kota keci tersebut, seperti ke Magome, Tsumago, dan Narai yang terkenal, menyediakan akomodasi dan penginapan bagi para pelancong.

Di musim dingin, salju putih yang menutup atap dan sekeliling rumah di kota-kota kecil tersebut membuat pemandangan tampak menakjubkan. Perjalananmu yang mahal dan melelahkan itu rasanya terbayar dengan mendapatkan ketengangan serta keindahan yang tiada bandingannya.

3. Menyaksikan festival es di Iiyama
Kamu menyukai seni dan es? Datanglah ke bagian utara Nagano, tepatnya di Kota Iiyama. Wilayah in adalah salah satu tempat di Jepang yang memiliki akumulasi salju tertinggi. Dan kota tersebut pun memanfaatkannya dengan mengadakan Festival Salju tahunan.

Acara itu bisa dipadati hingga 50.000-an orang. Di dalam festival, Anda bisa melihat patung-patung salju kreatif dari setiap ukuran yang dibuat oleh siswa dan penduduk setempat. Beberapa di antaranya adalah patung yang didaftarkan untuk kontes patung salju berskala besar.

4. Main salju di Hakuba
Belum puas menikmati salju? Datanglah ke ke Hakuba, sebuah kota di bagian utara Nagano. Lokasinya tidak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 60 menit dengan menggunakan bus.

Hakuba adalah sebuah desai kecil yang memiliki resor ski kelas internasional. Anda bisa mencoba bermain ski dan menyusuri lereng bersalju di sini atau sekadar bermain salju.

Bila Anda menginap di Tokuo, lokasi ini juga cukup mudah diakses. Anda bisa menaiki shinkansen atau bus ekspres jarak jauh dari Bandara Narita. Kalau ingin lebih nyaman, Anda juga bisa memakai taksi Chuo yang akan mengantar langsung sampai tujuan.

5. Memotret monyet Jepang sedang mandi di onsen Jigokudani
Lokasi ini adalah kebanggaan Nagano dan jadi tujuan utama pelancong di musim dingin. Pemandangan yang Anda temukan pun sangat unik, serta mengesankan betapa lekatnya kehidupan manusia dengan hewan dan alam  sekitar.

Jigokudani adalah rumah bagi lebih dari 100 kera khas Jepang. Kera-kera ini berkeliaran bebas dan menampilkan perilaku unik. Di musim dingin, Anda akan melihat kera-kera tersebut bersantai di kolam pemandian air panas dengan gaya seperti seorang bos.

Kera-kera ini juga yang menjadi alasan tempat tersebut dipadati pengunjung. Orang-orang datang untuk memotret kera bermuka merah yang sedang asyik menikmati air panas. Anda pun bisa melakukannya!
Nikmati Indahnya Musim Dingin Jepang di Nagano Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fagundes